Sejarah Pendirian Yayasan

Bismillahirrahmanirrahim,

Puji serta syukur semata-mata adalah milik Allah swt. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada figur teladan sepanjang zaman, Rosulullah Muhammad saw. Berikut keluarga, para sahabat, dan seluruh umatnya yang mengikuti jejak perjuangannya.

Dengan semakin pesatnya perkembangan kota Karawang sebagai kota Industri, yang berdampak positif di sisi ekonomi sekaligus berdampak terhadap perubahan nilai-nilai dalam masyarakat, kami memandang perlu bagi umat Islam untuk lebih mengokohkan keimanan dan identitas keIslaman dengan lebih menghidupkan kembali nilai-nilai Islam yang mulia di dalam kehidupan masyarakat.

Keprihatinan  ini mengantarkan kepada berdirinya Yayasan Amal Islami AL-MUMTAAZ, yang diharapkan turut berkontribusi dalam dakwah Islam, khususnya di bidang pendidikan untuk mengokohkan nilai-nilai Islam dalam masyarakat Karawang dan generasi Islam.

Yayasan Amal Islami AL MUMTAAZ yang sebelumnya bernama Yayasan Pembinaan Anak Sholeh BAITUL FALIHIN (9 Februari 2002), didirikan untuk menaungi keberadaan Raudhatul Athfal BATUL FALIHIN yang telah didirikan sejak Bulan Mei Tahun 1998.

Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang  Yayasan dan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang mewajibkan semua Yayasan masuk dalam Tambahan Berita Negara Republik Indonesia, nama Yayasan  direvisi menjadi Yayasan Amal Islami AL MUMTAAZ, seiring dengan perubahan Nama sekolah menjadi Raudhatul Athfal AL MUMTAAZ pada tahun 2007.

Alhamdulillah pada tahun 2012 telah berdiri Sekolah Dasar AL MUMTAAZ dengan Izin Operasional No.50/Kep. 7579/11/IPPS/BPMPT/2013, dan di Tahun 2017 .

Alhamdulillah pada tahun 2020 telah berdiri Sekolah Menengah Pertama Islam AL MUMTAAZ dengan Izin Operasional 503/3988/18/IPSS/x/DPMPTSP/2020, dan di Tahun 2020 Yayasan mulai beranjak ke Satuan Pendidikan Tingkat SMP.

Selanjutnya Yayasan Amal Islam Al-Mumtaaz senantiasa memohon petunjuk kepada Allah SWT agar bisa meningkatkan kebermanfaatan secara lebih luas lagi khususnya dijenjang pendidikan yang lebh tinggi lagi, in syaa Allah.

 

Lyra Widiyanti, S.Sn.
Ketua Yayasan Amal Islami Al Mumtaaaz