VISI

                                    Menjadi Penyelenggara pendidikan di Tingkat Usia Dini, untuk mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil’alamin.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan inklusif dengan pendekatan belajar ramah fitrah (fitrah Ilahiah, belajar, perkembangan dan bakat) untuk usia untuk usia 4-6 tahun.
  2. Terbangunnya 10 Sifat Pribadi Muslim pada diri peserta didik sesuai tahapan perkembangan usia 4-6 tahun yaitu :
    • Akidah yang lurus
    • Ibadah yang benar
    • Akhlak yang kokoh
    • Jasmani yang kuat
    • Wawasan yang luas
    • Mandiri
    • Teratur urusannya
    • Pandai menjaga waktu
    • Bermanfaat bagi sesama
  3. Menjadi sekolah sumber untuk metode sentra dan pendidikan inklusif.
  4. Memberikan penguatan Al Quran melalui tahsin tahfidz dan pemahaman.
  5. Membangun SDM guru yang ikhlas dengan 10 sifat pribadi muslim, memenuhi standar kompetensi guru Al Mumtaaz, dan profesional.

TUJUAN

Membentuk Generasi Robbani yang cinta ilmu dan berakhlaqul Karimah sesuai Al Qur’an dan As Sunnah

A. PROFIL UNIT

  1. AKREDITASI  BAN PAUD / PNF  ( Sekolah RA. Amal Islami Al Mumtaaz telah melaksanakan Akreditasi BAN PAUD/PNF pada tanggal 3 Agustus 2017 dengan SK keputusan grade “ A “ )

  2. PORSENI IGRA  ( PORSENI IGRA Kab.Karawang pada perlombaan “Strory Telling” sebagai juara II dan Tahfidz Qur’an sebagai juara Harapan I )

B. PERKEMBANGAN SISWA

  1. KARAKTER 18 SIKAP  ( Karakter 18 Sikap yang terbangun dari kegiatan makan antara lain : Syukur, Sabar, ikhlas, qona’ah dan ilmu tentang kandungan gizi dari makanan )


    ( Karakter 18 Sikap yang muncul dari kegiatan Beres-beres antara lain : Bertanggung jawab, bersih, Rajin , Kerja sama dan disiplin dengan prosedur kerja )


  2. AKADEMIK  ( Kegiatan Jurnal bertujuan untuk transisi anak dari rumah menuju sekolah dengan menggambar, bercerita, membaca buku berrkaitan dengan tema yang berlangsung dan bermain )


    ( Guru mengenalkan huruf saat membuat kosakata Nama diri , benda dll )



    ( Anak memiliki minat untuk membaca permulaan dengan melihat gambar pada buku )


  3. TAHSIN TAHFIDZ ( QIRO’ATY )  ( Qiro’aty Individual untuk memperlancar awal baca tulis Al Qur’an )


    ( Klasikal Hafalan Surat-surat pendek dengan metode cantolan )


  4. RENCANA KEGIATAN BELAJAR
    a. KEGIATAN AGUSTUS BERMAKNA( Kegiatan menyusun gelas bertujuan untuk membantu kompetensi dasar anak dari sisi Gross Motorik yaitu koordinasi tubuh , tangan dan mata. Stategi kognitif dan ketepatan )



    (Kegiatan memakai baju bertujuan untuk membentuk sikap kemandirian anak )


    b. HOLISTIK ( KESEHATAN ANAK )
    ( Pemberian Imunisasi MR , bekerjasama dengan Puskesmas Teluk Jambe Timur )


    ( Pemeriksaan kesehatan umum pada anak dan status gizi pada Balita )


    c. “KEGIATAN MUHARROM BERBAGI”


    ( Kegiatan Muharram berbagi dilaksanakan dalam rangka memperingati dan mengenalkan pada anak Tahun Baru Islam 1439H dengan cara berbagi roti dan banner/bendera buatan anak pada setiap teman yang dijumpainya di sekitar lingkungan sekolah )


    d. RIHLAH SEKOLAH ( JENDELA ALAM )


    ( Kegiatan Rihlah dengan mengambil tema “ Syukurku atas nikmat Alam” bertempat di Jendela Alam , Lembang Bandung. Anak- anak diajak untuk mensyukuri karunia Allah berupa nikmat alam yang indah dan berkegiatan diantaranya memetik tomat cerry, melihat satwa seperti ular, ayam arab, rusa, kelinci, sapi , kuda , kambing ketawa dll. )


C. TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

TIM PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN RA TH.2017/2018
( MINUS BU NUR, BU BILA & BU IIP )


a. KARAKTER 18 SIKAP
( Karakter Sabar dalam menghadapi sikap anak )


( Karakter Khusyu dalam sholat mencerminkan kepemimpinan yang bertanggung jawab dan fokus )


b. Target Pencapaian Tahsin & Tahfidz
( Up Grading guru dalam perbaikan bacaan Al Qur’an )


D. SARANA PRASARANA